Scroll to top

Trending : #hikari#tetra-guppy#jpd-akafuji#mizuho#agaru#konishi-

0

Keranjang Belanja

Macam-Macam Ikan Hias Air Tawar Exotic

Kamis, 18 Jun 2022, 21:35:47 WIB / By Administrator


Kekayaan Indonesia sangatlah beragam bahkan flora dan faunanya pun turut menjadi bagian dari keberagamanya. Ikan hias air tawar exotic banyak ditemukan di perairan Indonesia. Jenis serta spesiesnya hampir dapat dengan mudah dibudidayakan oleh masyarakat

Mengenal Ikan Hias Air Tawar
Ikan hias merupakan jenis ikan yang berhabitat di air tawar. Keberadaanya sudah mulai berkembang dengan ekosistem baik sungai, danau, maupun rawa. Jenis yang satu ini memang sangat mudah ditemukan, spesiesnya pun bahkan di dominasi oleh ikan-ikan kecil dengan keunikan tersendiri.

Ikan hias dewasa ini sering dimanfaatkan sebagai kesenangan saja. Banyak orang mencoba membudidayakan jumlahnya dengan tujuan untuk dijual serta menjaga populasinya. Maka tak jarang banyak masyarakat beramai-ramai menawarkan ikan ini hasil dari peliharaanya.

Alasan banyak menjual ikan ini tentu saja karena tampilan yang menarik serta keunikan tidak bisa ditemukan sembarang spesies. Corak warna-warni, ukuran beragam, kepribadian, serta kelangkaanya menjadi nilai tersendiri di mata peminatnya. Serta keunggulan lain dari ikan tersebut.

Baca juga : Merawat Ikan Hias Air Tawar untuk Pemula

Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Exotic
Keberagaman jenis ikan hias hampir selalu ada di perairan Indonesia. Membawa keuntungan yang sangat besar alasanya karena banyak juga spesies ikan tinggal di dalamnya. Menjadikan semakin mudah untuk membudidayakan sesuai dengan iklim serta karakteristik habitat ikan itu sendiri.

1. Ikan Oscar ( Astronotus ocellatus)
Karakteristik ikan ini memiliki ukuran dan gerakan mirip dengan jenis nila. Berwarna dasar hitam dan oranye batik melekat serta menonjol pada tubuh pisces tersebut. Terdapat warna lain seperti albino pucat dengan garis bintik-bintik oranye atau hanya polos.

Ikan ini hidup di perairan yang tenang dan tentunya tawar untuk jenis albinonya sangatlah langka. Bahkan jika ada seorang menemukan maka bisa menjadi kaya mendadak. Harganya bisa sampai setara dengan mobil atau barang berharga lainya alasanya mungkin hanya ada beberapa di dunia.

Baca juga : Rekomendasi Makanan Ikan Oscar yang Bagus

2. Arwana ( Scleropages formosus)
Nama lain dari jenis yang satu ini bisa ikan naga, paying, siluk, siluk, khayangan, dan kalasa. Setiap daerah memiliki panggilan tersendiri yang menjadi keunikan dari ikan ini. Mungkin sudah banyak mengetahui tentang eksistensi dari arwana sendiri mulai dari bentuk hingga karakteristiknya.

Perlu diketahui bahwa ikan ini masih masuk dalam spesies ikan purba yang hidup jutaan tahun lalu. Dapat dilihat dari ukuran telurnya hampir setara dengan burung puyuh. Tampilan mencolok dari satu ini bersisik mengkilap serta berwarna pucat menjadi ciri khasnya.

Baca juga : Mengenal Beberapa Jenis Ikan Arwana

3. Ikan Koki
Siapa yang tidak kenal dengan ikan maskoki atau sering disebut koki ini. Jenis ikan air tawar yang hidup perairan tenang berudara sejuk. CIri khasnya memiliki mata besar agar menonjol keluar. WArna sisik bervariasi dari putih, metalik, merah, merah kekuningan, hingga hijau dan hitam.

Karakteristik ikan ini tentu sudah mudah dirawat serta tidak membutuhkan tempat besar. Cukup akuarium dengan ukuran sedang sudah cocok untuk habitatnya, namun jangan lupa sirkulasi air harus tetap ada. Jika tidak dipasang ventilator maka akan stress menyebabkan kematian.

4. Ikan Cupang
Mungkin dari beberapa ikan di atas hanya jenis ini yang sangat mudah ditemui. Ikan cupang bisa ditangkap pada pinggiran sungai maupun membeli. Ciri khas dari spesies ini sangatlah beragam terdapat lebih dari seratus kombinasi warna yang terdapat bagian tubuhnya ini.

Beberapa wilayah menyebutnya sebagai ikan beradu memang masih banyak orang memainkan ikan yang satu ini untuk saling diadu satu dengan lain. Jangan salah paham ketika mendengar kata adu. Maksudnya saling memamerkan kecantikan dari cupang hingga pemenangnya muncul.

5. Ikan Koi
Masih memiliki kekerabatan dengan ikan mas dan koki. Bentuk dari spesies ini bulat memanjang hingga mirip dengan torpedo. Ikan koi pada umumnya memiliki warna hitam, putih, merah, kuning, perak, dan emas. Serta beragam lain hasil budidaya menghasilkan ragam baru.

Perlu diketahui bahwa ikan satu ini tidak bisa menyimpan cadangan makanan dalam bentuk lemak. Jadi pemelihara wajib memperhatikan jadwal makan ikan tersebut jika telat beberapa hari tentu akan menyebabkan kematian. Memang tidak mudah untuk memelihara jenis ikan hias air tawar exotic ini.

6. Ikan Buntal Air Tawar
Berasal dari Asia – Afrika lalu tersebar dari tiongkok hingga akhirnya dapat ditemukan di Indonesia. Ikan buntal leopard ini menjadi ikan hias yang cukup ekstrim dan exotic. Habitat ini ada di sungai-sungai dengan aliran datar serta laguna. Jenis ikan hias biasa hidup secara berkelompok.

Makanan favoritnya adalah siput, ikan tak bertulang, hingga krustasea, Tapi dalam beberapa kejadian ternyata tumbuhan juga turut menjadi mangsanya. Seperti diketahui ikan buntal dapat membesarkan dirinya serta duri menempel pada tubuhnya berfungsi sebagai senjata untuk bertahan.

7. Ikan Louhan
Ikan yang sangat populer tahun 2000-2002 ini masih menjadi primadona bagi para kolektor ikan hias. Pasalnya keunikannya sangat menonjol seperti kepalanya konon semakin besar tonjolan maka harga dari ikan ini bisa mencapai jutaan rupiah per ekor. Pantas saja jika budidaya ikan louhan sangat banyak.

Warna dominan spesies ini umumnya merah, putih, hitam, dan campuran lainya. Ciri khasnya terletak pada bintik hitam di tengah tubuhnya serta corak sisik mengikuti keindahan perpaduan tampilanya. Membuat ikan satu ini menjadi incaran jarang sekali ditemukan di alam liar.

8. Ikan Botia
Hobi memelihara ikan hias juga merembet ke jenis botia. Spesies yang berasal dari Sumatra dan Kalimantan masih sangat sedikit pembudidayaannya. Penyebabnya adalah termasuk ikan dilarang pemerintah memperjualbelikan dengan ukuran lebih dari 15 cm.

Ikan tersebut apabila tetap dibiarkan hidup di habitatnya maka jumlahnya akan berkurang hingga berujung pada kepunahan. Banyaknya predator dan ukuran tidak terlalu besar mengakibatkan susah untuk bertahan hidup.

Tips Memelihara Ikan Hias Air Tawar.
Memelihara ikan hias terkadang susah juga mudah tergantung dari jenis, karakteristik, serta kepribadian dari ikan itu sendiri. Salah satu keuntungannya adalah tidak sulit mendapatkan air sebagai habitatnya bisa menggunakan air sungai. Namun suhu dan tingkat Ph perlu diawasi.

Habitat atau tempat tinggal ikan hias sebisa mungkin didesain hampir mirip dengan aslinya seperti penambahan batu, pasir, ganggang, atau apapun yang dapat menjadi ornamen dalam akuarium. Hal ini bertujuan agar ikan mengenali tempat ia tinggal serta tidak jenuh hingga menyebabkan kematian.

Selain itu pilihnya jenis ikan yang mudah dipelihara hal ini wajib dilakukan bagi seorang pemula. Ikan jenis cupang sangat cocok untuk belajar bagaimana merawat ikan hias. Jika sudah mahir memahami ciri dan karakteristiknya cobalah menambah peliharaan seperti koki maupun arwana.

Sekian informasi ikan hias air tawar exotic. Untuk mendapatkan info lebih lanjut dapat anda cari di website tentang budidaya. Ketika membeli pastikan untuk selalu merawat dan memberi makan agar dapat bertahan hidup.


Silahkan Login untuk memberikan Komentar...